Sekjen PBB sambut kesepakatan Serbia-Kosovo

sekretaris jenderal perserikatan bangsa bangsa ban ki-moon selama jumat menyambut kesepakatan diantara serbia serta kosovo, dan menyediakan santunan badan dunia tersebut untuk membantu penerapannya.

sekjen menyambut menarik kesepakatan penting antara beograd serta pristina yang diparaf hari ini selama brussels, selama bawah naungan perwakilan uni eropa supaya urusan luar negeri serta kebijakan keamanan, catherine ashton, kata pernyataan yang dikeluarkan oleh juru bicara ban yang dilansir xinhua.

serbia dan kosovo di jumat mencapai kesepakatan bersejarah supaya menormalkan hubungan mereka sesudah pembicaraan yang difasilitasi uni eropa di brussels, belgia.

kosovo, Satu provinsi serbia, dengan sepihak memproklamasikan kemerdekaan pada tahun 2008. tapi, serbia menolak mengakui untuk Salah satu negara dan merdeka.

Informasi Lainnya:

uni eropa mengaturnya sebagai persyaratan awal terhadap aspirasi uni eropa atas serbia kiranya negara itu harus menormalkan hubungan melalui tetangganya, khususnya kosovo.

sekjen mengucapkan selamat juga memuji kaum pemimpin dari kedua bagian agar penentuan itu juga mengharapkan kiranya perjanjian itu akan membawa waktu depan dan cerah juga stabilitas abadi kepada wilayah itu, kata pernyataan tersebut.

sekjen amat mendorong kaum bagian supaya menuntaskan proses bersejarah ini serta mengikuti langkah-langkah konkret agar setia menyelesaikan perjanjian, tutur pernyataan itu.

pbb siap untuk membantu para bagian selama upaya tersebut.