Link and match jaring minat mahasiswa bekerja di Jerman

kbri berlin bekerja sama dengan messe munich dan verband deutscher maschinen- und anlagenbau e.v. (vdma-asosiasi industri mesin serta alat konstruksi jerman) menyelenggarakan acara link and match terhadap mahasiswa indonesia juga kelompok masyarakat industri selama jerman bertempat dalam messe munich.

sekretaris dua kbri berlin, purno widodo pada antara london, jumat menungkapkan aktifitas ini diselenggarakan di kaitan indonesia dibuat negara mitra bauma 2013 digelar agar menjembatani pemakaian industri jerman hendak tenaga kerja di bidang engineering.

acara link and match yang juga sejalan melalui pemberdayaan diaspora indonesia dihadiri 25 mahasiswa indonesia dan sedang mempelajari pada jerman dihadiri managing director german construction equipment and building unsur-unsur machinery association, joachim schmid.

selain itu dan hadir kepala perencanaan kementerian esdm sujatmiko, ketua komite jerman, austria, swiss kadin indonesia/ketua perhimpunan alumni jerman ilham habibie dan atase studi dan kebudayaan kbri berlin prof agus rubiyanto.

Informasi Lainnya:

sementara tersebut dubes ri-berlin dr. eddy pratomo menjelaskan forum ini sengaja digagas agar menyerahkan kesempatan pada mahasiswa indonesia yang sedang menimba ilmu pada jerman supaya menggali potensi masa depan melalui menjalin hubungan secara langsung berbagai perusahaan internasional dalam bidang konstruksi serta pertambangan.

diharapkan di gilirannya mau mampu menampung dan membangun keahliannya sehingga di waktunya nanti akan berkontribusi kepada pembangunan nasional indonesia.

sejalan dengan hal itu mr joachim schmid menyampaikan jerman dan siap untuk datang serta diajak berbicara untuk memberikan kontribusi serta solusi atas berbagai tantangan pembangunan di indonesia, bukan cuma sekedar menjual mesin-mesin berteknologi tinggi.

berbagai tantangan sudah diakui kepala perencanaan, kementerian esdm sujatmiko masih menjadi penghambat pembangunan nasional indonesia. tantangan utamanya merupakan infrastruktur.

untuk itu peran mahasiswa indonesia sangatlah bermanfaat, yaitu dijadikan agent of change dengan berbagai pengetahuan serta keterampilan yang sudah tentu mau menjadi asset penting dalam pembangunan nasional.

selain memberikan pencerahan tentang berbagai tantangan dan kesempatan yang banyak pada indonesia pada acara link and match ini serta dilaksanakan pula guided tour ke perusahaan-perusahaan konstruksi serta permesinan jerman yang berpartisipasi pada bauma semisal liebherr, komatsu, stetter, amman, wacker neuson, zf friedrichshafen, bauer, terex, putzmeister, dan geda.

pameran ini merupakan yang terbesar selama dunia juga diselenggarakan tiga tahun sekali dalam arena pameran atau messe kota munchen dalam tujuh hari. sebelumnya, dalam tahun 2010, bauma diikuti 3.150 peserta dari 53 negara.

industri teknik mesin juga alat konstruksi machinen- und anlagenbau merupakan cabang industri paling besar selama jerman menurut jumlah karyawannya. sedangkan omset, industri ini adalah nomor dua paling besar setelah industri mobil otomotif.

pada tahun 2011, lebih dari 900.000 orang bekerja di bidang teknik mesin dan alat-alat konstruksi. jumlah perusahaan dan bergerak pada bidang ini merupakan sebanyak 6.165.

dengan andil hampir sebesar 10 persen daripada dana penelitian juga pengembangan agar perekonomian, industri teknik mesin merupakan salah Salah satu cabang industri terkuat selama jerman selain industri kendaraan, elektronik, farmasi juga kimia.

pada tahun 2010, dana yang dikucurkan supaya pengembangan teknologi berinovasi dalam industri mesin adalah sebesar 11,8 milyar euro. bauma merupakan pameran khusus perdagangan (trade fair) supaya mesin-mesin konstruksi, mesin berat juga ringan supaya pembangunan, pertambangan, serta alat-alat transportasi-logistik.

sedangkan selama tahun 2007 diikuti oleh 3.002 audien dari 48 negara. pengunjung dan datang ke pameran bauma adalah sekitar 500.000 pihak dari 200 negara, dan 35 persen selama antaranya pengunjung daripada luar jerman. penyelenggaraan bauma diperluas melalui china dan diselenggarakan dua tahun pilihan pada shanghai.