Menkes: lima penyakit kuras anggaran Jamkesmas

menteri kesehatan dr nafsiah mboi menyebutkan ada lima jenis penyakit tak menular dan cukup menguras anggaran jaminan kesehatan masyarakat atau jamkesmas.

kelima penyakit itu meliputi gagal ginjal, penyakit paru, kanker, stroke serta jantung, sebutnya ketika menjalankan rapat kerja kesehatan nasional 2013 regional timur dalam hotel grand clarion, makassar, senin malam.

menurutnya, alokasi anggaran supaya jamkesmas dan digelontorkan pemerintah pusat ke daerah sebanyak rp34,5 triliun, 83 persennya dihabiskan supaya penanganan lima bidang penyakit itu.

hanya 17 persen dimanfaatkan untuk pengobatan lainnya, tutur hawa kelahiran sengkang, sulawesi selatan ini.

Informasi Lainnya:

menkes memaparkan, kondisi dan paling ada terjadi dalam penyakit paru, yang telah ditangani dengan serius. penyakit paru serta tb, kata dia, lebih ada diakibatkan oleh kaum perokok aktif maupun pasif.

untuk tersebut diinginkan berbagai daerah melakukan perlawanan dengan mencari perda perihal rokok. sebaiknya bungkus rokok dikampanyekan bergambar mengenai dampak dan ditimbulkan serta banyak peringatan pemerintah yang melalui jelas dicantumkan, jelasnya.

sebelumnya, indonesia telah memperoleh achievement award daripada global health usaid dibuat negara yang paling berhasil dalam mengatasi permasalahan tuberkulosis (tb).

tidak cuma itu, penghargaan yang lain dalam website pengendalian tb pada indonesia dan sudah mendapat apresiasi dari internasional. penghargaan champion award for exceptional work in the fight againts tb.

pencapaian indikator target millenium development goals (mdgs) untuk tb pada indonesia cukup memuaskan serta diperkirakan semua indikator tb hendak dicapai sebelum waktu dan ditentukan dalam tahun 2015.